Open office Calc adalah salah satu komponen OpenOffice yang digunakan untuk spreadsheet. Kita dapat memasukkan data, biasanya data numeric, kemudian data ini diproses dengan tujuan memperoleh keluaran/hasil tertentu.
Fungsi OpenOffice Calc sama dengan fungsi Excel pada Ms.Office di Windows. Data
yang kita olah dapat menggunakan beberapa formula, membuat grafik, dan bagan chat
sama seperti yang pernah kita pelajari pada Excel.
Untuk memulai menggunkan open office calc adalah dengan membuka OpenOffice.org lalu klik File → New → Spreadsheet.
Tampilan dari open office calc:
Seperti pada open office writer pada open office calc juga terdapat menu yang terdiri dari File, Edit, View, Insert, Format, Tool, Data, Window, dan Help. Terdapat juga picture icon seperti save, print, copy, dan lain-lain. Tampilan open office calc tidak jauh berbeda dengan tampilan Microsoft excel. Dalam open office calc juga mengenal istilah cells, penamaan cells-cells tersebut seperti cells A1, B7,dll. Selain mengenal istilah cells pada open office calc juga mengenal istilah sheet1, sheet2,sheet3.
Penggunaan COPY dan COPY ABSOLUT.
1.Relatif (B = 3)
Apabila rumus tersebut dicopy ke arah kolom maupun baris, rumus tersebut akan menyesuaikan posisi sel
2.Semi Absolut
•Semi absolut kolom
Pada semi absolut kolom yang diikat dengan tanda $ adalah huruf kolomnya, contoh: =$A5*$B4
•Semi absolut baris
Berbeda dengan semi absolut kolom, pada semi absolut baris yang diikat dengan tanda $ adalah angka barisnya, contoh: =A$5*B$4
3.Absolut
Pada copy absolute baik huruf kolom maupun angka baris siikat semua dengan tanda $. Contoh: =$A$5*$B$4.
tugas open office calc:
1. latihan 2
2. latihan 3
Tidak ada komentar:
Posting Komentar